Kamis, 27 Agustus 2009

Jumat, 28/08/2009 07:03 WIB

Lawan Madrid, Milan Unggul Rekor Duel
Kris Fathoni W - detiksport


AFP/Gabriel Bouys
Jakarta - Grup C Liga Champions akan dipanaskan dengan persaingan Real Madrid dengan AC Milan. Ditilik dari capaian beberapa musim belakangan dan hasil duel kedua tim di masa silam, Milan boleh berbangga diri karena sementara lebih unggul.

Dari penampilan di Liga Champions lima musim terakhir, Madrid tak tampil mengesankan sebagaimana reputasinya sebagai klub kampiun Eropa terbanyak dengan sembilan gelar.

Semenjak melaju ke perempatfinal musim 2003-04 silam, 'Si Putih' tak pernah lagi bisa melewati babak knock-out pertama. Ini yang menyebabkan mereka hanya mengisi pot 2 --satu level di bawah Milan-- dalam pengundian kali ini.

Milan musim lalu boleh saja tak bisa tampil di Liga Champions dan hanya beraksi di Piala UEFA, tapi capaian mereka secara umum di lima musim terakhir masih lebih baik ketimbang Madrid.

Selama tiga musim Milan setidaknya berhasil mencapai babak empat besar. Mereka bahkan menjadi finalis musim 2004-05 dan menang di musim 2006-07. Ini yang bikin koefisien Milan kali ini lebih baik dari Madrid, yakni 110,996 berbanding 78,853.

Dalam sejarah pertemuan di kompetisi antarklub se-Eropa, Milan juga lebih unggul dari Madrid. Dari enam pertemuan dua klub tersebut, Milan sudah menang tiga kali, sementara Madrid baru menang dua kali. Hanya satu partai berakhir imbang.

Namun begitu, secara umum Madrid memang masih boleh tersenyum karena trofi Milan di kompetisi Eropa baru tujuh saja, atau dua piala lebih sedikit bawah Madrid.

Selain itu, upaya Madrid dalam menggaet sejumlah pemain kelas satu musim panas ini juga tak boleh dikesampingkan begitu saja. Jika para pemain bintang tersebut sudah nyetel, entah apa yang dapat dipersembahkan mereka untuk Madrid.

Nuansa reuni juga hadir di dalam laga ini. Di kubu Madrid ada Kaka yang sebelumnya menjadi idola di Rossoneri, sementara Milan punya Klaas-Jan Huntelaar, pemain yang terbuang dari Santiago Bernabeu dan punya kans membuktikan betapa salahnya klub itu menyia-nyiakan dirinya.

Jadi, siapa jagoan Anda?

Rekor pertemuan Milan vs Madrid, seperti dikutip dari situs Milan:

Musim 1988-89, semifinal: Real Madrid-Milan 1-1, Milan-Real Madrid 5-0;
Musim 1989-90, perdelapanfinal: Milan-Real Madrid 2-0, Real Madrid-Milan 1-0;
Musim 2002-03, fase grup kedua: Milan-Real Madrid 1-0, Real Madrid-Milan 3-1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar