Kamis, 03 September 2009

Kamis, 03/09/2009 14:48 WIB
Updated
Daftar Gedung di Jakarta yang Retak Akibat Gempa
Nurul Hidayati - detikNews

Jakarta - Pekerja kantoran di Jakarta boleh lega karena struktur bangunan di Jakarta aman dari hantaman gempa. Namun kerusakan kecil, seperti retak-retak, tak bisa dihindarkan.

Retak-retak ini antara lain terpantau di:

1).Gedung Veteran, Semanggi, Jakarta. Setidaknya tercatat ada lima titik yang mengalami retak.

Gedung Veteran adalah perkantoran setinggi 10 lantai yang merupakan bagian dari Balai Sarbini dan Plaza Semanggi. Berdasar pengamana detikcom, keretakan yang cukup perlu perhatian serius adalah di pilar penyangga areal parkir lantai 8A.

Keretakan juga terlihat di areal perkantoran lantai 7. Lantai keramik di ruang mesin yang terletak di lantai sama, juga nampak terbongkar. Sedangkan di bagian lobi, kacanya terlihat retak cukup panjang.

2) Gedung Indosat, Jl Medan Merdeka Barat, ada tembok di tangga yang retak. Ada juga kaca yang pecah.

3) The East Building lantai 16, Jl Lingkar Mega Kuningan. Dinding retak dari atas ke bawah sekitar 1,5 meter. Dan wall paper terkoyak robek (Tosa D Wisnu)

4) Lantai 7 Graha Kencana, Jl Raya Perjuangan, Jakarta Barat. Keramik/granit dinding di WC Pria ada yang geser alias maju beberapa mili ke depan (Sandi).

5) Ada kantor di belakang Graha Atrium, Senen, Jakarta Pusat. Dua ubin di lantai satu retak (Rere).

6) Tiang gedung Mayapada retak dan ada sempalan/somplak. Itu terlihat di tiang lantai lima. Cukup menghawatirkan. (Makmur Mulyadi)

7) Plafon atap Kantor Departemen Kelautan dan Perikanan yang ada di atas tangga darurat lantai 2 dan lantai 5 ambrol dan dinding-dinding retak. (Agung)

8) Gedung Cyber Mampang: jalur tangga darurat hampir setiap lantai retak. (Bunsen Weg)

9) Gedung Citylofts Sudirman banyak terdapat keretakan pada dinding dan lantai khususnya lantai 7 - 15 (Amriatussa Ridayu)

10) 1 Segmen kaca ukuran 25 x 100 cm pecah di gedung BPPT 1 lantai 19 (Djoko Gunawan)

11) Apartemen Mediterania Garden Residences I (Grogol - Petamburan, Jl. Tj. Duren Raya Kav. 5 - 9) ada beberapa titik keretakan (Donny)

12) Gedung Graha Kirana di Jl. Yos Sudarso Kav. 88 , Sunter, Jakarta Utara, juga mengalami keretakan di beberapa dinding gedung. (Ryan Farisha)

13) Keretakan di kompleks perkantoran Roxy Mas di bagian tembok atas bagian luar sebelah selatan gedung. (Vita Ardiyanti Putri)

14) Gedung Sonatopas: Ketika terjadi gempa saya bersama rekan saya turun lewat tangga darurat, tembok-tembok disetiap lantai retak dan kerikil retakan tembok berjatuhan hampir disetiap lantai digedung yg mempunyai 21 lantai itu. (Fajar)

15) Retak di sambungan balok & kolom terlihat di tangga darurat lantai 6, 7 & 8 Gedung
Artha Graha, SCBD Sudirman (Yadi Kurniawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar